5 Teknologi
Kesehatan Masa Depan

Masa depan dunia kesehatan tidak lepas dari teknologi digital. Kemajuan teknologi yang begitu pesat berdampak juga pada bidang kesehatan. Perkembangan teknologi berperan membantu para dokter dan praktisi kesehatan membangun mutu perawatan kesehatan yang lebih baik. Lalu, apa saja kira- kira teknologi yang digunakan dalam dunia kesehatan saat ini? Berikut beberapa macam teknologi kesehatan dan perannya yang perlu kamu ketahui.

Virtual Reality

Virtual Reality( VR) merupakan teknologi yang dapat menghadirkan lingkungan runlet secara maya. Dalam bidang kesehatan, VR dimanfaatkan sebagai alat simulasi operasi bagi para calon dokter, selain itu juga dapat membantu dokter menentukan lokasi pembedahan pada tubuh pasien. VR digadang- gadang sebagai masa depan pelayanan kesehatan, seperti dilansir darimedicalfuturist.com, pada tahun 2020 diperkirakan nilai pasar global virtual reality dalam pelayanan kesehatan akan mencapai USD,8 miliar. 

Augmented Reality

Berbeda dengan VR, Augmented Reality tidak menghilangkan kontak dengan realitas. Augmented reality sering digunakan saat dokter melakukan pemeriksaan sebelum operasi, seperti CT Scan atau MRI, yang dapat memberikan gambaran kepada ahli bedah tentang anatomi internal pasien. Penggunaan augmented reality juga akan membantu pasien mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat tentang penyakitnya.

Healthcare trackers, wearables, sensors

Penggunaan healthcare trackerswearables dan sensor yang biasa digunakan sehari-hari membantu pengguna memonitor kesehatannya secara mandiri. Teknologi ini mendorong pengguna melakukan kegiatan preventif dan menjaga kesehatannya. Tekanan darah, kadar glukosa, suhu tubuh bahkan tingkat stress dapat diakses secara real time oleh pengguna, sehingga mereka dapat mengatur pola hidup sehatnya sendiri.

Tricorder Medis

Ac turpis egestas integer eget aliquet nibh praesent. Fames ac turpis egestas maecenas pharetra convallis posuere morbi leo. Aliquet porttitor lacus luctus accumsan tortor posuere ac ut consequat. Vitae congue eu consequat ac felis donec et odio pellentesque. In hac habitasse platea dictumst. Nulla pharetra diam sit amet. Malesuada fames ac turpis egestas. Pellentesque dignissim enim sit amet venenatis urna cursus eget. Tortor pretium viverra suspendisse potenti nullam. Aliquet eget sit amet tellus. Dictumst quisque sagittis purus sit amet volutpat consequat mauris.

Pengurutan genome

Teknologi pengurutan genome digunakan untuk mengetahui informasi mendasar tentang tubuh manusia meliputi kepekaan obat, kondisi medis multifaktorial atau monogenik dan mampu melihat riwayat medis keluarga. Data-data ini dapat digunakan untuk menentukan perawatan dan pengobatan yang efektif dan efisien untuk pasien.





   

Regulasi Sistem Elektronik