Knowledge Base ADAMLABS

Dashboard

Dashboard adalah halaman yang berisikan rekapan singkat mengenai hal-hal yang terdapat di sistem adamlabs. Beberapa menu singkat yang ditampilkan dalam dashboard diantaranya adalah sebagai berikut:


a. Belum diperiksa, banyakya pasien yang belum diperiksa namun sudah teregistrasikan di LIS.
b. Diperiksa, Banyaknya pasien yang sedang dilakukan pemeriksaan.
c. Selesai, Pasien yang sudah selesai melakukan pemeriksaan, namun belum dilakukan proses pengarsipan.
d. Rata-rata TAT, rata-rata dari banyaknya waktu yang digunakan untuk melakukan proses awal (registrasi) hingga selesai.
e. Pasien Kritis, banyaknya pasien yang mengalami hasil pemeriksaan krisis.
f. Grafik Kunjungan Pasien Reguler dan Cito, grafik yang menunjukkan banyaknya kunjungan pasien yang dibedakan antara pasien reguler dan cito. Pasien ini ditampilkan grafik selama perbulan secara default (hal ini dapat diubah sesuai periode tertentu) dan hitungan jumlah kunjungan perhari.  
g. Kunjungan Hari ini,
banyaknya kunjungan pasien yang dihitung hari ini  
h. Kunjungan Perbulan,
kunjungan pasien yang dihitung berdasarkan data perbulan.
i. Kunjungan Per-Jenis Kelamin, kunjungan yang dihitung dan dibedakan berdasarkan jenis kelamin dari pasien. Perhitungan ini dalam bentuk persentase dari banyaknya pasien.
j. Jumlah Kunjungan Duplo dan Non Duplo, Jumlah kunjungan pasien dari duplo maupun non duplo yang dihitung berdasarkan persentase pasien.
k. Top 5 Penjamin terbanyak, lima penjamin yang sering digunakan oleh pasien.
l. Top 5 Unit Asal Terbanyak, lima unit asal yang sering dikunjungi oleh pasien.

Secara default, data yang ditampilkan adalah data perbulan (sesuai dengan data filter). Data yang ditampilkan sesuai dengan filter yang diterapkan.

Halaman Login

Halaman login adalah halaman menu awal untuk mengakses sistem. Masukkan username dan password sesuai dengan role access yang telah diberikan.
     

Registrasi Pasien

Halaman registrasi adalah halaman yang digunakan untuk meregistrasikan atau mendaftarkan pasien untuk melakukan pemeriksaan. terdapat beberapa registrasi pasien diantaranya :

  1. Registrasi Pasien Pemeriksaan Patologi Klinis
    Registrasi pasien pemeriksaan patologi klinis adalah pendaftaran pasien yang akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan dalam kategori patologi klinis.
     

  2. Registrasi Pasien Pemeriksaan Mikrobiologi
    Registrasi pasien pemeriksaan Mikrobiologi adalah pendaftaran pasien yang akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan mikrobiologi.


  3. Registrasi Pasien Pemeriksaan Patologi Anatomi (On Progress) 
    Registrasi pasien pemeriksaan patologi anatomi adalah pendaftaran pasien yang akan melakukan pemeriksaan-pemeriksaan dalam kategori patologi anatomi.

Input Hasil Pemeriksaan 

Halaman input hasil pemeriksaan adalah halaman berisikan data-data dari registrasi yang berhasil didaftarkan dan siap untuk melakukan pemeriksaan. Secara umum alur dari input hasil adalah Pengambilan Sampel, dilanjutkan proses Check In, dan kemudian pengisian hasil pemeriksaan. simpan hasil, kemudian lakukan verifikasi data untuk proses arsip maupun cetak/print Hasil.

  1. Daftar Pasien
    Halaman Daftar pasien merupakan halaman yang memuat daftar dari pasien yang berhasil diregistrasikan dan akan diperiksa. Terdapat tiga status pemeriksaan pasien yaitu Belum diperiksa (pasien sudah diregistrasikan namun hasil pemeriksaan belum ada), Diperiksa (Pasien sudah melakukan proses check in dan dalam proses pemeriksaan. Terdapat hasil pemeriksaan yang belum dimasukkan), Selesai (pasien sudah selesai melakukan pemeriksaan dan hasil semua pemeriksaan sudah ada)


  2. Input Hasil Pemeriksaan Pasien Patologi Klinik
    Halaman input hasil pemeriksaan dari pasien dapat dilakukan setelah proses check in. Hasil pemeriksaan patologi klinik dapat berasal dari alat maupun diinputkan secara manual. Fitur-fitur lain yang dapat membantu proses penginputan hasil adalah setting nilai rujukan, verifikasi, dan daftar riwayat hasil pemeriksaan. 
    NOTE : Jika terdapat perubahan yang tidak dapat dilakukan secara mandiri, dapat hubungi team!

  3. Edit Data Pasien
    Data pasien pada menu pasien dapat dilakukan perubahan data apabila terdapat kesalahan data input pasien. Perubahan Data pasien dapat dilakukan dengan klik ikon pensil (edit) pada kolom aksi pasien. Fitur data yang dapat dilakukan pada edit pasien ini adalah Hapus data pasien dengan cara klik hapus data pasien, perubahan data pasien dengan cara klik edit data pasien, dan perubahan pemeriksaan pasien dengan perubahan penambahan maupun pengurangan pemeriksaan terpilih. 
    Note : jangan lupa klik simpan agar perubahan data dapat tersimpan.


Validasi

menu validasi adalah menu yang digunakan oleh dokter untuk memvalidasi hasil dari pemeriksaan pasien yang sudah diverifikasi oleh analis. Hasil pemeriksaan pasien akan diberikan catatan oleh dokter dalam tahap validasi ini jika diperlukan. 
Note : menu ini masih dalam pengembangan untuk web dan hanya terdapat pada mobile expertise. 

Arsip

Halaman arsip adalah halaman yang berisikan data-data pasien yang sudah diselesaikan dan diarsipkan. Pada umumnya, data pasien yang sudah diarsip adalah data yang statusnya sudah selesai dan tervalidasi. Fitur-fitur yang dapat dilakukan dalam halaman arsip adalah menu pencarian, filtering by period, edit hasil pemeriksaan, dan riwayat pemeriksaan. 

 

Rekapitulasi

Halaman rekapitulasi merupakan halaman yang berisikan data-data pasien sudah diarsipkan yang dapat digunakan untuk laporan data pasien. Menu rekapitulasi terdapat pada menu laporan. Data laporan yang terdapat pada fitur dan dapat diunduh dalam format excel diantaranya adalah Kunjungan, Penjamin, Unit Asal, TAT, Laporan Kritis, Pemeriksaan Duplo, dan Pemeriksaan Non-Duplo.


Secara umum, filter yang digunakan dalam menampilkan dan mengunduh data adalah Jenis Registrasi (pasien termasuk pasien reguler ataupun cito), Jenis Kelamin (Pasien perempuan maupun laki-laki), dan Filter by Tanggal (Periode yang dipilih dari awal tanggal hingga akhir tanggal dari data). Klik Terapkan untuk mulai menerapkan filter yang dipilih dan menampilkan data. Unduh data dalam format excel dengan klik Export Excel, Data siap digunakan!

Data di Hapus

Halaman data dihapus adalah halaman yang berisikan data pasien yang sudah dihapus oleh user karena kesalahan input, tidak digunakan dan alasan penghapusan lainnya.  Halaman data dihapus digunakan untuk melihat detail dari data-data yang dihapus. Data yang dihapus tidak dapat dikembalikan ke menu awal sehingga harus hati-hati dalam penghapusan data.

 

Datamaster

Halaman datamaster adalah halaman yang berisikan master data dari rumah sakit / klinik yang digunakan untuk pendaftaran (registrasi) pasien. Datamaster dapat diakses dengan cara klik Lainnya, kemudian pilih datamaster. Datamaster yang ada pada sistem diantaranya adalah Data Umum Rumah Sakit / Klinik, dan Data Pemeriksaan di rumah sakit.


    - Data Umum Rumah Sakit yang terdapat pada sistem diantaranya :
        a. Laboratorium
        b. Jenis Unit Asal
        c. Unit Asal
        d. Spesialis
        e. Dokter Pengirim
        f. Alat
        g. Jenis Penjamin
        h. Penjamin
        i. Pegawai
        j. Jadwal Shifting
        k. Dokter PK
        l. ICDT
    - Data Pemeriksaan di Rumah Sakit melingkupi data-data berikut :
        a. Kategori Pemeriksaan
        b. Sub Kategori Pemeriksaan
        c. Paket Pemeriksaan
        d. Item Pemeriksaan
        e. Rujukan TAT
        f. Flag
        g. Flag TAT

        h. Custom TAT
        i. Grup Flag TAT
        j. Grup Flag Angka
        k. Grup Flag Text
        l. Spesimen
        m. Mapping Datalogger
        n. Mapping Tindakan SIMRS

MCU

Menu MCU (Medical Check Up) adalah menu yang digunakan oleh rumah sakit apabila terdapat sebuah lembaga atau perusahaan yang ingin melakukan pemeriksaan terhadap anggotanya dalam sekala besar. Menu ini akan mempermudah rumah sakit dalam melakukan proses MCU. Terdapat format khusus dalam bentuk excel untuk melakukan proses registrasi pasien MCU.


Quality Control

Menu Quality Control adalah menu yang digunakan untuk melakukan kontroling keadaan alat dimana apakah alat tersebut perlu dilakukan perbaikan maupun perawatan rutin.  


Inventory

Menu inventory adalah menu yang digunakan untuk perhitugan bahan habis pakai maupun reagen yang digunakan dalam proses pemeriksaan di laboratorium. Barang Habis Pakai (BHP) maupun reagen akan didata pada menu inventory, yang barangnya dikategorikan dalam menu datamaster, dan perhitungan transaksi dalam menu transaksi.  Menu transaksi terdapat perhitungan dari barang masuk, barang keluar, dan data stok. 


Log

Halaman log adalah halaman yang berisikan data dari tindakan-tindakan yang dilakukan oleh user. Data yang tercatat pada halaman log berfungsi untuk melacak tindakan yang dilakukan user dan untuk menganalisa apabila terjadi error atau kesalahan. Halaman log dapat diakses dengan Klik Lainnya, Pilih Log.  Tindakan yang tercatat pada menu log secara umum adalah tindakan transaksi, arsip, data dihapus, datamaster, dan datalogger.


Monitoring 

Halaman monitoring adalah halaman yang berisikan data untuk memantau proses pemeriksaan pasien. Proses pemeriksaan pasien terbagi menjadi beberapa proses :

a.      Registrasi, pasien yang sudah diregistrasikan namun belum diproses pemeriksaan.

b.      Sampling, pasien yang sedang melakukan tahap sampling hasil pemeriksaan.

c.       Check In, pasien yang sudah melakukan check in untuk pemeriksaan

d.      Diproses, pasien yang sedang melakukan pemeriksaan

e.       Selesai, pasien yang selesai melakukan pemeriksaan namun belum diarsipkan.

Halaman monitoring memuat data yang diurutkan pada data terlama dan hanya 15 data terlama yang ditampilkan.