Apakah Penggunaan RME Dapat Mempengaruhi Akreditasi Faskes? Simak Selengkapnya

October 4, 2024 by
Apakah Penggunaan RME Dapat Mempengaruhi Akreditasi Faskes? Simak Selengkapnya
ekaamaliarachmawati

Seiring dengan perkembangan teknologi di sektor kesehatan yang semakin pesat, penerapan Rekam Medis Elektronik (RME) telah menjadi komponen penting dalam dalam meningkatkan standar pelayanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan (faskes).

Selain memberikan manfaat operasional bagi tenaga kesehatan, penggunaan RME juga berdampak langsung pada penilaian akreditasi faskes, yang berfungsi sebagai tolok ukur kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien.

Melansir dari laman resmi kominfo.go.id “Ada korelasi antara regulasi terkait implementasi RME dan regulasi terkait akreditasi fasyankes, keduanya berkaitan dengan peningkatan mutu layanan menuju tata kelola yang baik. Dengan mengimplementasi RME maka akreditasi fasyankes bisa meningkat,”ujar Ketua Technical Working Group SATUSEHAT, Ahmad Hidayat, pada acara Pendampingan Strategi Adopsi RME dan Integrasi SATUSEHAT dalam Mendukung Akreditasi Klinik di Purwokerto, Sabtu (17/6/2023).

Implementasi RME diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan 24/2022 yang menekankan kerangka hukum RME dan pentingnya integrasi dengan SATUSEHAT. Sementara itu, akreditasi fasyankes diatur dalam Peranturan Menteri Kesehatan 34/2022 menekankan tentang tata kelola organisasi dan tata kelola penyelenggaraan fasyankes.

Lantas apa saja peran RME dalam meningkatkan Akreditasi Fasilitas Kesehatan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Langkah Mudah Daftar Official Partners ADAMLABS

Peran RME dalam Meningkatkan Akreditasi Fasilitas Kesehatan

Adapun beberapa peran RME dalam meningkatkan akreditasi faskes mulai dari transparansi dan akurasi data hingga mempermudah penerapan standar nasional.

1. Transparansi dan Akurasi Data

Dalam proses akreditasi, keakuratan dan kelengkapan catatan medis pasien adalah hal penting. RME memungkinkan pencatatan yang lebih transparan, real time, dan akurat dibandingkan metode konvensional berbasis kertas.

Hal tersebut memastikan bahwa informasi dan pencatatan pasien selalu tersedia bagi tenaga medis dan auditor akreditasi, sehingga memperkuat integritas pelayanan kesehatan.

2. Keamanan Informasi yang Terjamin

Salah satu aspek penting yang dinilai dalam akreditasi adalah bagaimana faskes melindungi informasi pasien. RME menyediakan fitur keamanan canggih, seperti enkripsi data dan kontrol akses yang ketat, yang membantu menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi medis pasien.

Hal tersebut sangat penting karena data medis membutuhkan perlindungan tinggi, dan RME membantu faskes memenuhi standar keamanan yang ditetapkan oleh lembaga akreditasi.

3. Efisiensi Operasional dan Pengelolaan Pelayanan

Penggunaan RME juga berkontribusi pada peningkatan efisiensi operasional. Waktu yang biasanya dihabiskan untuk mencari dan memverifikasi catatan medis dapat diminimalkan, memungkinkan tenaga kesehatan lebih fokus pada pelayanan pasien.

Akreditasi faskes seringkali menilai seberapa baik faskes dalam mengelola sumber daya dan proses internal. Dengan RME, manajemen informasi pasien menjadi lebih terstruktur dan efisien, mendukung standar pelayanan yang tinggi.

4. Dukungan untuk Proses Monitoring dan Evaluasi

Fasilitas kesehatan yang menggunakan RME juga lebih mudah dalam memonitor dan mengevaluasi kinerja klinis. Sistem ini secara otomatis mencatat berbagai indikator penting yang digunakan untuk memantau kualitas layanan, seperti jumlah pasien, jenis perawatan, dan hasil klinis.

Data ini kemudian dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dan memastikan bahwa faskes memenuhi standar yang ditetapkan dalam akreditasi.

5. Mempermudah Penerapan Standar Nasional

Kementerian Kesehatan telah mendorong penggunaan RME melalui platform SATUSEHAT yang bertujuan untuk mengintegrasikan data kesehatan nasional.

Fasilitas kesehatan yang mengadopsi RME dan terintegrasi dengan SATUSEHAT dapat lebih mudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh otoritas kesehatan nasional, yang juga mempengaruhi penilaian akreditasi.

Penerapan RME tidak hanya meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan fasilitas kesehatan, tetapi juga mendukung proses akreditasi. Adamlabs, sebagai penyedia solusi RME, menawarkan sistem yang aman dan efisien untuk mengintegrasikan serta mengelola data medis pasien. 

Dengan akses real-time ke riwayat pasien, RME dari Adamlabs membantu tenaga kesehatan meningkatkan akurasi diagnosa, mempercepat pengambilan keputusan medis serta mendukung faskes dalam meraih akreditasi yang lebih baik.

Tags
Archive